Rabu, 18 November 2015

Keajaiban Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan Salah satu nominasi dari 7 kejaiban dunia tahun 2011. Pulau Komodo terletak di kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. Secara administratif pulau ini termasuk Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Pulau Komodo telah diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena dalam wilayah Taman Nasional Komodo bersama dengan Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motang.
Mengapa disebut Pulau Komodo ? Ya karena Pulau Komodo ini merupakan habitat asli  bagi Komodo untuk hidup dan berkembang biak dengan baik. Diperkirakan ada 2500 ekor Komodo yang tinggal di kepulauan ini yaitu meliputi Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Gili Motang.
pulau komodo
Berikut keajaiban Pulau Komodo yang luar biasa  :
1. Pantai Merah Muda (Pink Beach)
pink beach
Di dunia, hanya ada 7 pantai berpasir pink, dan salah satunya berada di Taman Nasional Pulau Komodo. Inilah keajaiban Pulau Komodo yang pertama. Pasir yang berwarna pink ini merupakan paduan antara pasir putih dan warna merah yang dihasilkan batu kolar. Warna pink dari pesisir pantai yang sangat unik akan menjadi sangat indah ketika terkena pantulan cahaya matahari. Keunikan pantai pasir pink ini menjadikan Pink Beach yang berada di kawasan Pulau Komodo menjadi daftar kunjungan wajib bagi wisatawan dari belahan dunia manapun. Satu lagi kelebihan pantai dengan pasir warna pink ini adalah pantainya yang jauh dari kehidupan sehingga mampu memberikan suasana yang nyaman. Selain itu kebersihan pantai ini sangat terjaga. Jadi sangat direkomendasikan untuk melepas kepenatan dan stres.
2. Taman Nasional Komodo
taman nasional komodo
Keajaiban Pulau Komodo berikutnya adalah Taman Nasional Komodo terletak diantara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Pada tahun 1980 taman nasional ini didirikan untuk melindungi komodo dan habitatnya. Disana terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia. Selain itu, di kawasan ini terdapat pula terumbu karang. Setidaknya terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu yang ditemukan disana, dengan sekitar 1.000 spesies ikan. Keindahan terumbu ini menarik minat wisatawan asing untuk berenang atau menyelam di perairan ini. Disana juga menjadi tempat hidup dugong, hiu, 14 jenis paus, lumba – lumba dan kura – kura. Sangat eksotik Sobat
3. Hewan purba satu – satunya yang tersisa di bumi
komodo
Keajaiban Pulau Komodo yang terakhir adalah Varanus Komodoensis, spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang dan Dili Dasami di NTT. Penduduk setempat menamai komodo ini Ora. Panjangnya rata – rata mencapai 2 – 3 meter. Pertumbuhan yang meraksasa ini dikarenakan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo dan laju metabolisme komodo yang kecil. Kadal raksasa ini pertama kali ditemukan tahun 1910 oleh Peter Quwens, direktur Museum Zoologi Bogor. Tapi sayang Sobat habitat komodo ini telah menyusut akibat aktivitas manusia sehingga IUCN (International Union for Conservation of Nature) memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. Semoga Komodo ini tidak punah ya guys.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar